• gambar
  • header

Selamat Datang di Website MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JAKARTA PUSAT. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JAKARTA PUSAT

NPSN : 20178144

Jl. Johar Baru Utara I No. 50 Johar Baru, Jakarta Pusat


info@mtsn9jkt.sch.id

TLP : 021-4252061


          

Prestasi Siswa


Beasiswa MAN IC

Jakarta (Humas MTsN 9) -- Siswa MTs Negeri 9 Jakarta Pusat kembali menunjukkan prestasi akademiknya setelah lulus seleksi beasiswa Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia. Iqbal Mubarok, Wildan Farid, Alifah Badzlin, Ariq Muhammad Sultan, Ilham Manzhist adalah lima siswa kebanggaan MTsN 9 Jakarta yang telah lulus seleksi PPDB MAN Insan Cendekia. Seleksi tersebut dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2017.dan Hasan Uraydi, Ilham Manzist juga mendapat beasiwa MAN PK (Program Kusus) Jogyakarta sedangkan Wildan Farid,Bachtiar Siddiq mendapat beasiswa MAN PK (Program Kusus) Ciamis Iqbal Mubarok berhasil menembus kuota MAN Insan Cendekia Pekalongan, sedangkan Wildan Farid, Alifah Badzlin, Ariq Muhammad Sultan, Ilham Manzhist berhasil lulus ke MAN Insan Cendekia Gorontalo. Seperti yang telah diketahui, MAN Insan Cendekia Pekalongan memiliki kuota sebesar 96 siswa, sedangkan MAN Insan Cendekia Gorontalo memiliki kuota sebesar 120 siswa. Siswa MTs Negeri 9 Jakarta Pusat tahun Ajaran 2016/2017 MAN Insan Cendekia adalah sebuah Madrasah Aliyah Negeri setingkat Sekolah Menengah Atas berasrama yang tersebar di 20 lokasi di Indonesia. Seluruh cabang MAN Insan Cendekia menerima siswa sesuai dengan kuota dan kapasitas yang tersedia di masing-masing cabang. Oleh sebab itu, MAN Insan Cendekia menyeleksi secara ketat calon siswanya untuk dapat menerapkan prinsip keseimbangan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan iman dan taqwa.



:: Selengkapnya

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 75162
Pengunjung : 20581
Hari ini : 11
Hits hari ini : 50
Member Online : 0
IP : 54.164.198.240
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Keuntungan dan Manfaat menggunakan e-Learning bagi Guru dan Siswa




Mungkin dari teman-teman sudah ada yang tahu apa itu e-learning tapi mungkin juga belum ada yang tahu. Oke, saya jelaskan kembali. E-learning merupakan sistem pembelajaran elektronik, dimana peserta didik atau murid tidak perlu duduk di dalam kelas untuk menyimak setiap materi pembelajaran yang disampaikan guru secara langsung, tetapi dapat disimak setiap saat pada tempat dimana saja yang terhubung dengan fasilitas internet. Sehingga dengan adanya e-learning ini mempermudah guru dan siswa maupun Dosen dan Mahasiswa dalam melakukan proses belajar mengajar karena kita tidak perlu bertatap muka secara langsung. Terserah kita mau belajar atau ngakses kapan pun tetap bisa. Karena ciri khas dari E-learning itu sendiri ialah hilangnya interaksi langsung antara guru dan para siswa.

Sebagai sebuah sistem, E-learning sekurang-kurangnya terdiri atas: konten (content), perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), serta sumber daya manusia (brainware). Sistem E-learning memiliki kemampuan memperbarui, menyimpan, mendistribusikan dan membagi materi pengajaran atau informasi. Menurut Indrayani (2007), penerapan e-learning akan semakin efektif bila berhubungan dengan usaha yang konsisten dan terintegrasi dari pelajar, lembaga, fasilitator, staff penunjang, dan administrator.

Materi e-Learning sebenarnya tidak harus di distribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun internet, distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD pun termasuk pola e-Learning dan materi belajar dikembangkan sesuai kebutuhan dan di distribusikan melalui media CD/DVD, selanjutnya siswa/pembelajar dapat memanfatkan CD/DVD tersebut dan belajar di manapun.

Keberhasilan proses pembelajaran secara e-learning tergantung dari Sumber Daya Manusianya yaitu guru dan siswa ataupun dosen dan mahasiswa yang terlibat di dalamnya. Proses pembelajaran e-learning tersebut akan lebih berhasil jika guru memenuhi ciri berikut:

  • Memiliki semangat yang tinggi
  • Dapat mengatur sesi belajar dengan baik
  • Mencintai subjek yang diajarkan
  • Dapat mengkonseptualisasi topik yang dibahas
  • Berempati terhadap siswa
  • Memahami bagaimana cara manusia belajar
  • Memiliki keterampilan mengajar dan mengelola pembelajaran
  • Waspada terhadap tiap kejadian di dalam kelas
  • Mengajar dengan gaya pengajaran yang ia sukai
  • Terampil dalam berbagai aspek pengajaran: bertanya, mendengarkan, mendorong, bereaksi, menyimpulkan, dan memimpin.
  • Mampu membekali diri dengan keterampilan TIK dan pengetahuan terkait teknologi yang cukup mumpuni.

Sedangkan proses pembelajaran e-learning tersebut akan lebih berhasil jika siswa memenuhi ciri :

  • Mahir dalam menggunakan teknologi terutama dalam mengakses internet
  • Tidak malas atau rajin membuka e-learning
  • Mempunyai semangat yang tinggi untuk terus belajar secara online

Kelebihan dan keuntungan menerapkan e-learning :

-Biaya

Dari segi biaya, mengurangi pengeluaran biaya karena e-learning mampu mengurangi biaya pelatihan dan perjalanan untuk menghadiri pelatihan itu.

- Fleksibilitas waktu

Terkadang administrator sering mengalami kesulitan menyesuaikan waktu beberapa karyawan yang ingin dilatih hal ini karena untuk mengikuti pelatihan dikelas, seseorang karyawan harus meninggalkan pekerjaannya satu atau 2 hari. Dengan adanya e-learning ini karyawan tidak perlu lagi meninggalkan pekerjaannya karena bisa langsung mengakses kapan pun dan dimana pun saat ia berada, paling Cuma butuh waktu 1-2 jam-an.

- Fleksibilitas tempat

Bagi tempat pendidikan yang aktif menyelenggarakan acara pelatihan, akan mengalami kesulitan dalam mencari ruang kelas yang memadai dan yang dapat menampung sekitar 10 sampai 20 pelajar serta menyediakan alat-alat pembelajaran lain. Tapi jika menggunakan e-learning, tempat pendidikan tidak perlu repot-repot lagi menyediakan ruang kelas tersebut dan infrastruktur, peralatan, serta buku-buku.

- Fleksibilitas kecepatan pembelajaran

Pelajar memiliki gaya belajar berbeda-beda. Oleh karena itu, wajar bila didalam suatu kelas ada siswa yang mengerti dengan cepat dan ada yang harus mengulang pelajaran untuk memahaminya. Sehingga dengan adanya e-learning ini siswa yang belum memahami dan mengerti penjelasan guru dapat mengulangi pelajarannya dengan cara membuka e-learning sekolahnya.

- Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas

E-learning mampu menjangkau wilayah geografis yang luas tidak terbatas pada wilayah tertentu karena bisa di akses sampai seluruh dunia.

- Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan

Pembelajar akan lebih mandiri, karena aktif dan rajin membuka e-learning secara sendiri sehingga ilmu atau wawasan yang di dapat pun semakin banyak.




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas